Pengalaman Tes MDP Sales Mayora

Haii calon orang sukses...
Kali ini gue mau share sedikit pengalaman gue tes di Mayora dengan posisi MDP Sales.
Sebenarnya tes untuk MDP Sales, Factory, Operation, IRGA sama aja sih dari awal sampai akhir, cuma yang bedain itu panel di interview user.
2 bulan sudah gue cari kerja setelah gue mutusin buat resign dari perusahaan sebelumnya. Bukan waktu yang lama dan sebentar juga, tapi cukup membuat gue kuatir dan sedikit bosen. Ikut job fair sana sini, apply buta semua lowongan di Jobstreet, kaliberr, dll. (Kok curhat yahh :D)..
Ok langsung aja, gue dapet lowongan MDP Mayora itu lewat JobStreet, saat itu gue sedikit cuek karna ini udah kesekian kalinya gue apply ke posisi MDP saat itu posisi yang gue lamar adalah MDP Factory.
Tapi, kurang lebih dua minggu setelahnya, gue dapet email dari Ibu Irne salah satu HR Mayora buat mengikuti psikotes di HQ Mayora yang di Kalideres. Gue sama sekali ngga ada persiapan, karna gue udah kebal sama test test psikotes selama cari kerja.
Tiba hari H gue berangkat dari kosan sekitar jam 6 pagi dan tiba disana sekitar jam 7 pagi. Gue yang kampungan atau gimana, tapi gue terkagum-kagum sama kantornya Mayora yang beda dari gedung-gedung pencakar langit, orang sana bilang gedung Mayora sudah kaya Mall :D

Ada banyak orang yang bakal ngikutin tes ini dari berbagai background pendidikan dan kampus ternama, tips buat lu, cuek aja dan tetap percaya diri. Lu harus yakin kalau lu bisa kalahin mereka.
Beberapa waktu kemudian kita semua disuruh masuk kesalah satu ruangan yang udah disediakan.
Saat semua oeserta sudah masuk, kita dibagikan nomor peserta dan HR menjelaskan secara singkat profil perusahaan serta penjelasan tentang MDP.
Langsung aja, berikut tahapan tes MDP Mayora.

1. Tes Psikotes
Sama kaya tes psikotes pada umumnya, psikotes di Mayora juga ngga jauh beda kok. Tes nya terdiri dari soal hitungan, balok yang dibolak-balik gue ngga tau namanya :D, pengetahuan umun, warteg, gambar pohon dan orang, dll. Untungnya ngga ada tes koran (Kraplein atau Pauli) :D
Tes berlangsung cukup lama sih menurut gue, sampai kurang lebih sekitar jam 12 siang. Setelah tes selesai kita disuruh makan siang dulu dan kembali ke ruangan sekitar jam 1.15 untuk melihat hasil siapa yang lulus ketahap berikutnya atau tidak. Puji Tuhan nomor gue ada di daftar peserta yang lulus. Lanjut ketahap berikutnya yaitu interview HR.

2. Interview HR
Dihari sama dengan psikotes, setelah pengumuman kita disuruh nunggu diluar dan akan dipanggil satu-satu untuk interview dengan HR. Setelah beberapa saat nama guepun akhirnya dipanggil, gue masuk keruangan dan bersikap sesopan mungkin. Pertanyaan HR gue rasa dimana-mana sama yah, ngga jauh-jauh dari background pendidikan dan pengalaman berogranisasi kita. Fyi, diawal akan disuruh memperkenalkan diri mulai dri keluarga, pendidikan, pekerjaan keluarga dengan menggunakan bahasa inggris. Saran gue buat lu yang sedikit lupa tentang tugas akhir lu, lu pelajari ulang deh, karna bakalan ditanyain juga.
Interview berlangsung dengan lancar dan gue sedikit yakin bakalan lulus tahap ini. Diakhir interview HR bilang gue cocoknya di MDP Sales, karna background pendidikan gua ngga sesuai kualifikasi buat MDP Factory. Gue mikir mungkin rezeki gue emang disitu dan akhirnya bilang, it's ok, no problem kalau saya ke MDP Sales. Setelah itu gue juga ditanyain berapa gaji yang diharapkan. Nah disini ngga usah basa basi atau muluk muluk, langsung sebut aja nominalnya, tapi sebelumnya lu cari-cari deh range gaji MDP di Mayora.
Interview selesai, semua peserta disuruh nunggu diluar karna akan langsung diumumkan siapa yang lanjut ke tahap berikutnya. Setelah semua peserta selesai diinterview, HR keluar membacakan nama-nama yang lulus ke tahap berikutnya hanya ada 7 orang dan Puji Tuhan nama gue ada dari salah satunya. Lanjut ke tahap berikutnya

3. Presentasi dan FGD
Dihari yang sama juga tes ini berlangsung. Cukup menguras tenaga dan pikiran memang, tapi gue suka dari pada harus nunggu lama di kostan dengan harapan yang terbayang-bayang :D
Pada tes presentasi, kita masing-masing akan disuruh memilih salah satu gambar buta dan diminta mempelajarinya selama 3 menit kemudian mempresentasikannya selama 1 menit didepan HR dan peserta yang lain. Tenang, pakai bahasa indonesia kok heheheh
Biasanya gambarnya berupa suatu permasalahan, saran gue lu bener" memahami gambarnya dan bukan hanya sekedar menjelaskan masalah apa yang ada digambar tetapi juga memberikan solusi.
Setelah tes presentasi, kita bertuju lanjut ke tes FGD. Kita dikasih sebuah kasus yang harus kita pecahkan bersama-sama selama kurang lebih 25 menit. Mengenai FGD ya sama kaya FGD pada umumnya, jangan terlalu aktif fan pasif.
Setelah tes selesai, kita disuruh pulang dan pengumumannya akan diinfokan memalui email, baik lulus atau tidak lulus akan diinfokan paling lama besok.
Gue sedikit ragu sama hasil FGD gue, tapi yaudahlah kalau rezeki Tuhan pasti kasih.
Kami semuapun pulang kerumah masing".

4. Tes Bahasa Inggris dan Interview User
Keesokan harinya setelah FGD, sore hari gue dapet email dari Mayora. Deg-degan baca emailnya. Puji Tuhan gue lulus ke tahap interview user dan diundang untuk datang pada tanggal yang sudah ditentukan. Gue persiapin segala sesuatunya, mulai dari materi pengenalan perusahaan, pengetahuan tentang dunia sales dan gue juga berlatih menjelaskan tugas akhir gue dengan menggunakan bahasa inggris, karna kabarnya saat interview user kita akan diminta menjelaskan tugas akhir kita dengan bahasa inggris.
Saat hari interview tiba, singkat cerita gue dateng dan nunggu. Sebelum interview mulai, kita akan diberikan soal bahasa inggris dulu. Saran gue lu pelajari deh tentang tense dan grammar :D
Setelah tes bahasa inggris selesai, peserta satu persatu dipanggil. Tibalah nama gue dipanggil.
Gue masuk dan bersikap sesopan mungkin serta beratitude yang baik.
Panelnya ada 2 orang direksi sales dan 1 Ibu HR jadi total ada 4 orang didalam ruangan termasuk gue.
Dalam ingterview tersebut, usahakan senyum deh, tunjukin aura positif dan be your self. Sama kaya interview HR, lu bakalan diminta memperkenalkan diri. Intinya jawab semua pertanyaan dengan percaya diri dan yakinkan mereka kalau lu itu cocok menjadi bagian dari Mayora.
Interview ngga berlangsung lama, hal yang sama terjadi saat gue interview HR, gue kok yakin yah gua lulus hahaha (PD gila). Setelah interview kita disuruh makan siang dulu dan setelah itu nunggu karna hasilnya akan langsung diumumkan.
Sekitar jam 2 siang, HR mengumumkan siapa yang lulus dan yang tidak. Puji Tuhan gue berhasil dan lulus. Gue selalu bersyukur sama Tuhan.
Tahapan ini bener" cepet gila, setelah pengumuman kita akan dijelaskan tentang kontrak, benefit dan tentang program MDP. Pulang" kita udah bawa kontrak :D, besoknya harus sudah ada konfirmasi ke pihak Mayora apakah kita join atau tidak. Ngga usah menunggu besok, saat itu juga gue langsung email dan konfirmasi kalau gue join. Yah iyalah ya, gue mikir ini bukan pilihan gue, ini pilihan Tuhan setelah dua bulan gue ikut tes sana sini namun gagal. Masa ini yang udah jelas gue tolak, sombong banget gue. Hehehe
Selesai semuanya, kita disuruh pulang dan diminta untuk melakukan MCU di klinik rekanan Mayora.
MCU nya yang diperiksa kaya biasa kok, ngga banyak banget. Cuma mau mastiin tubuh kita fit atau ngga buat bekerja.
Kelas akan dimulai bulan 2 Juli 2018 nanti, waktu yang pas banget, libur lebaran bisa bersama keluarga dengan santai dan tanpa beban. Hehehehe

Buat kamu yang mau ikut tes ini, sukses selalu dan tetap semangat. Selalu berfikir positif dan mengucap syukur mau apapun itu hasilnya.
Salam Sukses.

Komentar

  1. Interview user pake bahasa apa ya kak? Terimakasih

    BalasHapus
  2. Untuk range gaji MDP factorynya mayora berapa ya kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

kasihku

sepi